KOMPETENSI INTI DAN
KOMPETENSI DASAR
MATEMATIKA SEKOLAH MENENGAH PERTAMA (SMP)/
MADRASAH TSANAWIYAH (MTs)
KELAS: VII
KOMPETENSI INTI
|
KOMPETENSI DASAR
|
1.
Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya
|
1.1.
Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya
|
2.
Menghargai dan menghayati perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli
(toleransi, gotong royong), santun, percaya diri, dalam berinteraksi secara
efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan
keberadaannya
|
2.1. Menunjukkan
sikap logis, kritis, analitik, konsisten dan teliti, bertanggung jawab,
responsif, dan tidak mudah menyerah dalam memecahkan masalah.
2.2. Memiliki
rasa ingin tahu, percaya diri, dan ketertarikan pada matematika serta
memiliki rasa percaya pada daya dan kegunaan matematika, yang terbentuk melalui
pengalaman belajar.
2.3. Memiliki
sikap terbuka, santun, objektif, menghargai pendapat dan karya teman dalam
interaksi kelompok maupun aktivitas sehari-hari.
|
3.
Memahami pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan
rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait
fenomena dan kejadian tampak mata
|
3.1.
Membandingkan dan mengurutkan beberapa bilangan
bulat dan pecahan serta menerapkan operasi hitung bilangan bulat dan bilangan
pecahan dengan memanfaatkan berbagai sifat operasi
3.2.
Menjelaskan pengertian himpunan, himpunan bagian, komplemen
himpunan, operasi himpunan dan menunjukkan contoh dan bukan contoh
3.3.
Menyelesaikan persamaan dan pertaksamaan linear satu
variable
3.4.
Memahami konsep perbandingan dan menggunakan bahasa
perbandingan dalam mendeskripsikan hubungan dua besaran atau lebih
3.5.
Memahami pola dan menggunakannya untuk menduga dan membuat
generalisasi (kesimpulan)
3.6.
Mengidentifikasi sifat-sifat bangun datar dan menggunakannya
untuk menentukan keliling dan luas
3.7.
Mendeskripsikan lokasi benda dalam koordinat Cartesius
3.8.
Menaksir dan menghitung luas permukaan bangun
datar yang tidak beraturan dengan menerapkan prinsip-prinsip geometri
3.9.
Memahami konsep transformasi (dilatasi, translasi,
pencerminan, rotasi) menggunakan objek-objek geometri
3.10.
Menemukan peluang empirik dari data luaran
(output) yang mungkin diperoleh berdasarkan sekelompok data
3.11.
Memahami teknik penyajian data dua variabel
menggunakan tabel, grafik batang, diagram lingkaran, dan grafik garis
|
4. Mencoba, mengolah, dan menyaji dalam ranah konkret
(menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah
abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai
dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori
|
4.1 Menggunakan pola dan generalisasi untuk menyelesaikan
masalah
4.2 Menggunakan konsep aljabar dalam menyelesaikan masalah
aritmatika sosial sederhana
4.3 Membuat dan menyelesaikan model matematika dari
masalah nyata yang berkaitan dengan persamaan dan pertidaksamaan linier satu
variabel
4.4 Menggunakan konsep perbandingan untuk menyelesaikan
masalah nyata dengan menggunakan tabel dan grafik
4.5 Menyelesaikan permasalahan dengan menaksir besaran
yang tidak diketahui menggunakan grafik
4.6 Menerapkan prinsip-prinsip transformasi (dilatasi,
translasi, pencerminan, rotasi) dalam memecahkan permasalahan nyata
4.7 Menyelesaikan permasalahan nyata yang terkait
penerapan sifat-sifat persegi panjang, persegi, trapesium, jajargenjang,
belah ketupat, dan layang-layang
4.8 Mengumpulkan, mengolah, menginterpretasi, dan
menyajikan data hasil pengamatan dalam bentuk tabel, diagram, dan grafik
4.9 Melakukan percobaan untuk menemukan peluang empirik
dari masalah nyata serta menyajikannya dalam bentuk tabel dan grafik
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar