Kamis, 12 Maret 2015

PROGRAM TAHUNAN MATEMATIKA SMP / MTS



PROGRAM TAHUNAN

Sekolah                      :  MTs Salafiyah Bode
Mata Pelajaran           :  Matematika
Kelas / Semester        :  VII  / 1 dan 2
Tahun pelajaran         :  2014 / 2015


Kompetensi Inti
KI 1 : Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya
KI 2 : Menghargai dan menghayati perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (toleransi, gotongroyong), santun, percaya diri, dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya
KI 3 : Memahami pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata
KI 4 : Mencoba, mengolah, dan menyaji dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori



Semester
Kompetensi Dasar
Materi Pokok
Alokasi Waktu
1
3.1 Membandingkan dan mengurutkan berbagai jenis bilangan serta menerapkan operasi hitung bilangan bulat dan bilangan pecahan dengan memanfaatkan berbagai sifat operasi.
Bilangan
·    Bilangan Bulat
·    Operasi Hitung Bilangan Bulat
·    Perpangkatan Bilangan Bulat
·    Bilangan Pecahan
·    Operasi Hitung Bilangan Pecahan
·    Bilangan Rasional


3.5 Memahami pola dan menggunakannya untuk menduga dan membuat generalisasi (kesimpulan)

4.1 Menggunakan pola dan generalisasi untuk menyelesaikan masalah.

Bilangan
Pola Bilangan

3.2 Menjelaskan pengertian himpunan, himpunan bagian, komplemen himpunan, operasi himpunan dan menunjukkan contoh dan bukan contoh.
Himpunan
·   Pengertian Himpunan
·   Himpunan Semesta
·   Himpunan Kosong
·   Diagram Venn
·   Relasi Himpunan
·   Operasi Himpunan


3.4 Memahami konsep perbandingan dan menggunakan bahasa perbandingan dalam mendeskripsikan hubungan dua besaran atau lebih;

4.4. Menggunakan konsep perbandingan untuk menyelesaikan masalah nyata dengan menggunakan tabel dan grafik.

4.5 Menyelesaikan permasalahan dengan menaksir besaran yang tidak diketahui menggunakan grafik

Perbandingan dan Skala
·   Pengertian Perbandingan
·    Jenis-jenis Perbandingan
·   Skala sebagai perbandingan

3.12. Memahami berbagai konsep dan prinsip garis dan sudut dalam pemecahan masalah nyata. (d)

4.10. Menerapkan berbagai konsep dan sifat-sifat terkait garis dan sudut dalam pembuktian matematis serta pemecahan masalah nyata. (d)

Garis dan Sudut

v Ulangan Harian
v Ulangan Mid Semester
v Remidi + Pengayaan


JUMLAH SEMESTER  1





Semester
Kompetensi Dasar
Materi Pokok
Alokasi Waktu
2
3.6. Mengidentifikasi sifat-sifat bangun datar dan menggunakannya untuk menentukan keliling dan luas;

3.8. Menaksir dan menghitung luas permukaan bangun datar yang tidak beraturan dengan menerapkan prinsip-prinsip geometri;

4.7. Menyelesaikan permasalahan nyata yang terkait penerapan sifat-sifat persegipanjang, persegi, trapesium, jajargenjang, belahketupat, dan layang-layang.

Segiempat dan Segitiga
·  Sifat-sifat Segiempat
·  Keliling dan Luas Segiempat
·   Sifat-sifat Segitiga
·  Luas dan Keliling Segitiga

3.3 Menyelesaikan persamaan dan pertidaksamaan linear satu variabel

4.3 Membuat dan menyelesaikan model matematika dari masalah nyata yang berkaitan dengan persamaan dan pertidaksamaan linear satu variabel.
Persamaan dan Pertidaksmaan Linear satu Variabel
·   Kalimat Tertutup
·    Kalimat Terbuka
·   Pengertian Persamaan Linear Satu Variabel
·   Pengertian Pertidaksamaan Linear Satu Variabel
·   Penyelesaian Pertidaksamaan Linear Satu Variabel


4.2 Menggunakan konsep aljabar dalam menyelesaikan masalah aritmatika sosial sederhana.
Aritmetika Sosial
·   Nilai Suatu Barang
·   Harga Penjualan
·   Harga Pembelian
·   Persentase Untung
·   Persentase Rugi
·   Diskon, Pajak, Bruto, Tara, dan Netto
·   Bunga Tunggal


3.9. Memahami konsep transformasi (dilatasi, translasi, pencerminan, rotasi) menggunakan obyek-obyek geometri;

4.6 Menerapkan prinsip-prinsip transformasi (dilatasi, translasi, pencerminanan, rotasi) dalam menyelesaikan permasalahan nyata.
Transformasi
·  Translasi (Pergeseran)
·  Refleksi (Pencerminan)
·  Rotasi (Perputaran)
·  Dilatasi (Perkalian)

3.11 Memahami teknik penataan data dari dua variabel menggunakan tabel, grafik batang, diagram lingkaran, dan grafik garis

4.8. Mengumpulkan, mengolah, menginterpretasi, dan menyajikan data hasil pengamatan dalam bentuk tabel, diagram, dan grafik

Statistika
·    Pengertian Data
·   Pengumpulan Data
·   Pengolahan data
·   Penyajian Data

3.10. Menemukan peluang empirik dari data luaran (output) yang mungkin diperoleh berdasarkan sekelompok data;

4.9 Melakukan percobaan untuk menemukan peluang empirik dari masalah nyata serta menyajikannya dalam bentuk tabel dan grafik.

Peluang
·   Ruang sampel
·   Peluang empirik

v Ulangan Harian
v Ulangan Mid Semester
v Remidi+Pengayaan


JUMLAH SEMESTER  2




Mengetahui,
Kepala MTs Salafiyah Bode




H. Haerudin

Cirebon, Juli 2014
Guru Mapel Matematika.




Fuad Hidayat, S.Pd.I

Tidak ada komentar:

Posting Komentar