PROGRAM TAHUNAN
Sekolah : MTs Salafiyah Bode
Mata Pelajaran :
Matematika
Kelas / Semester :
VII / 1 dan 2
Tahun pelajaran :
2014 / 2015
Kompetensi Inti
KI 1 : Menghargai dan menghayati ajaran agama yang
dianutnya
KI 2 : Menghargai dan menghayati perilaku jujur,
disiplin, tanggungjawab, peduli (toleransi, gotongroyong), santun, percaya
diri, dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam
jangkauan pergaulan dan keberadaannya
KI 3 : Memahami
pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin
tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan
kejadian tampak mata
KI 4 : Mencoba,
mengolah, dan menyaji dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai,
memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung,
menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber
lain yang sama dalam sudut pandang/teori
Semester
|
Kompetensi Dasar
|
Materi Pokok
|
Alokasi Waktu
|
1
|
3.1 Membandingkan dan mengurutkan
berbagai jenis bilangan serta menerapkan operasi hitung bilangan bulat dan
bilangan pecahan dengan memanfaatkan berbagai sifat operasi.
|
Bilangan
· Bilangan Bulat
· Operasi Hitung Bilangan Bulat
· Perpangkatan Bilangan Bulat
· Bilangan Pecahan
· Operasi Hitung Bilangan Pecahan
· Bilangan Rasional
|
|
3.5 Memahami pola dan menggunakannya
untuk menduga dan membuat generalisasi (kesimpulan)
4.1 Menggunakan pola dan generalisasi
untuk menyelesaikan masalah.
|
Bilangan
Pola
Bilangan
|
||
3.2 Menjelaskan pengertian himpunan,
himpunan bagian, komplemen himpunan, operasi himpunan dan menunjukkan contoh
dan bukan contoh.
|
Himpunan
· Pengertian Himpunan
· Himpunan Semesta
· Himpunan Kosong
· Diagram Venn
· Relasi Himpunan
· Operasi Himpunan
|
||
3.4 Memahami konsep perbandingan dan
menggunakan bahasa perbandingan dalam mendeskripsikan hubungan dua besaran
atau lebih;
4.4. Menggunakan konsep perbandingan
untuk menyelesaikan masalah nyata dengan menggunakan tabel dan grafik.
4.5 Menyelesaikan permasalahan dengan
menaksir besaran yang tidak diketahui menggunakan grafik
|
Perbandingan dan Skala
· Pengertian Perbandingan
· Jenis-jenis Perbandingan
· Skala sebagai perbandingan
|
||
3.12. Memahami berbagai konsep dan
prinsip garis dan sudut dalam pemecahan masalah nyata. (d)
4.10. Menerapkan berbagai konsep dan
sifat-sifat terkait garis dan sudut dalam pembuktian matematis serta
pemecahan masalah nyata. (d)
|
Garis dan Sudut
|
||
v Ulangan Harian
v Ulangan Mid Semester
v Remidi + Pengayaan
|
|||
JUMLAH
SEMESTER 1
|
Semester
|
Kompetensi Dasar
|
Materi Pokok
|
Alokasi Waktu
|
2
|
3.6. Mengidentifikasi sifat-sifat
bangun datar dan menggunakannya untuk menentukan keliling dan luas;
3.8. Menaksir dan menghitung luas
permukaan bangun datar yang tidak beraturan dengan menerapkan prinsip-prinsip
geometri;
4.7. Menyelesaikan permasalahan nyata
yang terkait penerapan sifat-sifat persegipanjang, persegi, trapesium,
jajargenjang, belahketupat, dan layang-layang.
|
Segiempat dan Segitiga
· Sifat-sifat Segiempat
· Keliling dan Luas Segiempat
· Sifat-sifat Segitiga
· Luas dan Keliling Segitiga
|
|
3.3 Menyelesaikan persamaan dan
pertidaksamaan linear satu variabel
4.3 Membuat dan menyelesaikan model
matematika dari masalah nyata yang berkaitan dengan persamaan dan
pertidaksamaan linear satu variabel.
|
Persamaan dan Pertidaksmaan
Linear satu Variabel
· Kalimat Tertutup
· Kalimat Terbuka
· Pengertian Persamaan Linear Satu Variabel
· Pengertian Pertidaksamaan Linear Satu Variabel
· Penyelesaian Pertidaksamaan Linear Satu Variabel
|
||
4.2 Menggunakan konsep aljabar dalam
menyelesaikan masalah aritmatika sosial sederhana.
|
Aritmetika Sosial
· Nilai Suatu Barang
· Harga Penjualan
· Harga Pembelian
· Persentase Untung
· Persentase Rugi
· Diskon, Pajak, Bruto, Tara, dan Netto
· Bunga Tunggal
|
||
3.9. Memahami konsep transformasi
(dilatasi, translasi, pencerminan, rotasi) menggunakan obyek-obyek geometri;
4.6 Menerapkan prinsip-prinsip
transformasi (dilatasi, translasi, pencerminanan, rotasi) dalam menyelesaikan
permasalahan nyata.
|
Transformasi
· Translasi (Pergeseran)
· Refleksi (Pencerminan)
· Rotasi (Perputaran)
· Dilatasi (Perkalian)
|
||
3.11 Memahami teknik penataan data dari
dua variabel menggunakan tabel, grafik batang, diagram lingkaran, dan grafik
garis
4.8. Mengumpulkan, mengolah,
menginterpretasi, dan menyajikan data hasil pengamatan dalam bentuk tabel,
diagram, dan grafik
|
Statistika
· Pengertian Data
· Pengumpulan Data
· Pengolahan data
· Penyajian Data
|
||
3.10. Menemukan peluang empirik dari
data luaran (output) yang mungkin diperoleh berdasarkan sekelompok data;
4.9 Melakukan percobaan untuk menemukan
peluang empirik dari masalah nyata serta menyajikannya dalam bentuk tabel dan
grafik.
|
Peluang
· Ruang sampel
· Peluang empirik
|
||
v Ulangan Harian
v Ulangan Mid Semester
v Remidi+Pengayaan
|
|||
JUMLAH
SEMESTER 2
|
Mengetahui,
Kepala MTs Salafiyah Bode
H. Haerudin
|
Cirebon, Juli 2014
Guru Mapel
Matematika.
Fuad Hidayat, S.Pd.I
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar